My Ping in TotalPing.com

Artikel Singkat Mengenai Mata Silinder



Artikel Singkat Mengenai Mata Silinder,- Astigmatisme atau mata silinder adalah kelainan mata yang banyak ditemukan pada beberapa pasien. Kelainan ini terjadi karena keadaan yang tidak merata di lengkung kornea mata. Semua orang bisa terkena gangguan ini baik orang tua, laki-laki ataupun  perempuan.

Mata yang normal memiliki bentuk bulat seperti bola, bentuk ini bisa menjadikan cahaya yang masuk melalui kornea mata bisa masuk ke mata dan ditangkap di satu titik tertentu pada bagian retina, yaitu di bagian senstitif pada mata yang bekerja seperti layar. Orang yang memiliki kelainan mata astigmatisme memiliki bentuk bola mata yang lonjong seperti telur. Baca Juga : Obat Mata Berlendir

Penyebab Mata Silinder

Kondisi ini disebabkan oleh pengaruh keturunan dan telah muncul tandanya bisa dikenali saat masih kanak kanak. Penyebab lain yang menimbulkan silinder adalah tekanan pada kornea yang berlebihan, seperti di akibat kebiasaan buruk dalam sikap membaca maupun kebiasaan untuk memaksa mata melihat barang yang dekat.

Gejala Penderita Silinder :

Gejala Penderita Silinder Rendah :

  • Mata terasa cepat lelah, apalagi saat melakukan pekerjaan yang teliti di jarak fiksasi.
  • Mata terasa kabur apalagi saat melihat dekat. Biasanya dikurangi dengan menutup mata atau mengucek mata seperti pada hypermetropia. Gejala ini pun mungkin terjadi pada hypermetropia tingkat rendah.
  • Sakit kepala di bagian frontal


Gejala Penderita Silinder Tinggi :

  • Penglihatan menjadi kabur, sedikit atau jarang ada keluhan sakit kepala maupun asthenopia.
  • Memiringkan kepala adalah hal yang paling sering terjadi pada gejala mata silinder
  • Memutar mutar kepala agar terlihat lebih jelas
  • Penglihatan penyempitan sudut pandang mata seperti pada myopia. Hal ini untuk mendapatkan efek pinhole atau stenopaic.
  • Memegang bacaan lebih dekat ke mata, seperti pada mata minus


Saat ini cara menyembuhkan mata minus dan silinder bisa digunakan dengan cara alami tanpa melalui operasi. Baca Juga : Obat Mata Minus

0 Response to "Artikel Singkat Mengenai Mata Silinder"

Posting Komentar